Seluruh daftar list download lagu terbaru yang diberikan secara gratis dan selalu update setiap saat untuk anda semua penggemar lagu terbaru

Selasa, 18 Oktober 2016

Topik-Topik Kultum Singkat Populer Yang Sering Dibawakan Oleh Penceramah

Referensi tentang kuliah tujuh menit yang populer di masyarakat dengan sebutan kultum menjadi penting bagi anda yang mendapat tugas memberikan ceramah pada suatu acara tertentu. Biasanya ini dilakukan di masjid, perkantoran, sekolah, dan lembaga/ kumpulan rohaniyah yang lain. Dalam penerapannya, yang disampaikan adalah tentang materi-materi kajian keislaman dan kehidupan.  Dengan anda banyak memiliki referensi-referensi yang populer, anda dapat berceramah dengan percaya diri dan tidak kehabisan materi. Kondisi pada saat persiapan dan pada saat tampil di atas podium sangat berbeda. Bisa jadi di persiapan anda lancar, namun tidak di atas panggung. Maka dari itu, anda disarankan memiliki banyak referensi dan wawasan yang banyak untuk selalu siap dengan kondisi yang ada sehingga halangan apapun termasuk nervous dan blank di atas panggung tidak terjadi pada anda.

Berikut ini topik-topik populer yang sering dibawakan para kyai dan penceramah untuk mengisi muhadhoroh singkat. Anda dapat menggunakannya pada acara tertentu dengan menyesuaikan keadaan tempat tersebut. Diharapkan agar referensi di bawah ini dikolaborasikan dengan segmen-segmen yang ada di tempat tujuan anda berceramah.

1. Judul ceramah singkat yang berkaitan dengan ibadah sholat
Segmen yang paling sering dijadikan bahan atau materi ceramah adalah tentang sholat. Ini menjadi topik yang selalu dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari pada agenda tersebut. Karena sholat merupakan tiang agama yang menjadi pilar penting bagi orang iman, maka topik ini dapat dikatakan top ranking dalam penyampaian ceramah. Setiap muslim pasti sholat, sehingga penceramah membahas sholat pada konteks kehidupan sehari-hari.

2. Tema akhlakul karimah dengan mengadepankan sikap jujur dalam kehidupan
Tema kehidupan yang paling sering diangkat oleh para penceramah dalam kuliah singkat tujuh menit. Ini menjadi populer karena merupakan tema yang sangat umum dan terjadi disemua segmentasi. Keberadaannya tidak dipengaruhi oleh batas waktu dan tempat. Setiap masa dan dimanapun orang sangat membutuhkan sikap jujur baik dari rekan kerja, kolega, kerabat, atau pun keluarganya. Sikap ini dapat mendatangkan ketenangan bagi isapapun yang memilikinya. Karena kumpulan yang sering mengadakan ceramah pendek itu dari kalangan majelis orang islam, maka tema ini sering dikemas dengan menggunakan firman dan dalil kitab suci sebagai landasan dasar untuk membawakan tema tersebut. Dengan adanya fondasi, maka ceramah anda semakin mantap dan kuat. Dalam bahasa islam disebut shahih, sehingga kebenarannya tidak terbantahkan.

Contoh-contoh nyata dalam kehidupan lebih banyak diambil dari kisah para nabi. Itu menjadi inspirasi menarik bagi pendengar untuk mengetahui kisah-kisah para nabi sehingga mereka dapat menerapkannya.

3. Topik Kuliah singkat yang mengangkat remaja muslim masa kini
Topik kehidupan remaja menjadi segmen yang tidak ada pudarnya bagi penceramah untuk ditampilkan. Hal ini karena jumlah remaja yang mengikuti kegiatan tersebut rata-rata lebih banyak dari pada kalangan anak-anak dan orang tua. Segmen orang tua lebih banyak mengikuti pengajian resmi yang memiliki durasi panjang. Bukan itu saja, segmen remaja menjadi penting karena banyak sisi-sisi kehidupan yang kerap bersinggungan dengan aqidah dan hukum islam. Yang paling sering adalah sisi hubungan antara akhwat dan ikhwat. Dalil yang sering diangkat pun juga lebih banyak dan bervariasi. Anda dapat mencari dalil-dalil yang relevan dengan browsing di internet. Di sana banyak anda temui dan dapatkan.

Itulah topik kultum singkat yang populer di masyarakat, anda dapat menggunakannya jika diminta sebagai penceramah. Dengan anda memiliki banyak referensi, penampilan anda menjadi semakin siap dan percaya diri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Topik-Topik Kultum Singkat Populer Yang Sering Dibawakan Oleh Penceramah